Belajar CRUD Dengan PHP dan Mysql -Praktikum 27

Assalamualaikum WR.WB

Hai!! Kembali lagi ke blog saya,udah lama saya gak ngepost nih,hehe...pada postingan saya kali ini saya akan memberikan tutorial penggunaan CRUD di PHP dan Mysql.Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan,sebenrnya apa sih yang disebut dengan CRUD?

CRUD, istilah tersebut merupakan singkatan dari Create, Read, Update dan Delete.Untuk lebih ricinya dapat dijabarkan sebagai berikut:
- C (Create): yang berarti membuat sebuah data baru, contoh kita sedang melakukan registrasi disebuah web itu sudah merupakan Create dari CRUD karena kita membuat dan menyimpan data registrasi ke database.

- R (Read): Membaca atau menampilkan suatu data yang tadinya berada didatabase MySQL misalnya, kemudian ditampilkan di WEB menggunakan bahasa pemrograman Php

- U (Update): nah untuk yang satu ini prosesnya adalah mengedit sebuah data dari database yang kemudian di edit menggunakan bahasa pemrograman Php berupa WEB. Contoh edit profil facebook.

- D (Delete): Pastinya Anda tahu fungsinya apa bukan? Fungsinya hampir sama dengan Update akan tetapi proses ini adalah untuk melakukan penghapusan data di database melalui bahasa Php. Contoh pada sebuah blog terkadang ada komentar, kemudian kita hapus komentar tersebut, nah itu sudah termasuk proses delete dalam CRUD.

Nah tadi merupakan pengertian CRUD menurut saya,oke kita langsung ke materinya!

1.CREATE

Karena kita akan menggunakan database,maka pertama kali yang harus kita lakukan adalaah membuat database nya,dan juga membuat tabel,Kali ini saya akan mencontohkan dengan membuat database  pwpb18 dan tabel siswa yang berisikan NIS,namalengkap,jeniskelamin,kelas,jurusan,alamat,golongandarah,alamat,dan namaibu.




 Kemudian isikan value dari setiap kolom tabel sesuai yang kalian inginkan.

2.READ

Pertama tama buat file library.php untuk menyambungkan antara database dengan php.




Kemudian buat file index.php



Kemudian buat file v_index.yang menjadi output atau hasil proses CRUD





3.UPDATE

Untuk update,kita bisa menggunakan file tambah ataupun file edit.untuk menambahkan atau mengedit data yang sudah kita buat.


File tambah.php



 File edit.php



Nah,untuk tambah kita buat lagi v_tambah karena ada aksi,dan menampilkan view saat tambah data.



4.DELETE

Seperti penjelasan sebelumnya DELETE disini berfungsi menghapus data yang sudah kita buat.kita tidak perlu membuat v_delete, karena tidak ada aksi, tidak menampilkan view apapun saat delete, hanya action delete saja.




Nah setelah di import,maka hasil atau outputnya seperti berikut:

Tampilan Index



Tambilan View Tambah






Nah dapat dilihat saya menambahkan data seperti di atas dan nanti hasilnya akan seperti ini:



 Tampilan View Edit




 Nah pada data ini saya mengedit jurusan nya menjadi Multimedia,alamatnya menjadi Kopo dan golongan darahnya menjadi A.Maka hasilnya akan sebagai berikut:




Mungkin cukup sekian postingan saya kali ini,semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam penulisan kata maupun isi materi.Apabila ada saran atau komentar silahkan isi di kolom komentar.

Wassalamualaikum WR.WB



























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laravel : Create Data, Validation, dan Old Input

Belajar PHP (Nested Looping) -Praktikum 24

Program Menentukan Hari Menggunakan If Dan Switch Case dan