Program Menentukan Hari Menggunakan If Dan Switch Case dan

Assalamualaikum WR WB

Pada postingan akan kali ini saya akan membahas program untuk menentukan kode hari dan menentukan kelulusan seseorang.

1. Program Menentukan Hari If

Program ini akan menentukan hari berdasarkan kode yang user input,yang nanti akan dieksekusi oleh program.contohnya user menginput angka 7 maka program akan mengoutput hari senin.
Berikut codingan programnya:




Jadi apabila user menginput kode dari 1 - 7  maka program akan mengoutput dari hari minggu - hari senin.Berikut rincianya:

-Kode 1 = Hari Minggu
-Kode 2 = Hari Senin
-Kode 3 = Hari Selasa
-Kode 4 = Hari Rabu
-Kode 5 = Hari Kamis
-Kode 6 = Hari Jumat
-Kode 7 = Hari  Sabtu


 Berikut hasil programnya:




2. Program Menentukan Hari Switch Case

Program ini sama seperti program di atas akan tetapi kali ini menguunakan switch case,Apa itu switch case? Switch-case merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan switch - case ini memiliki kegunaan sama seperti if – else bertingkat.

Berikut codingan programnya:




Sama seperi program sebelumya program ini akan berjalan apabila user menginput kode dari 1 - 7 dan akan mengoutput hari minggu sampai hari senin.akan tetapi menggunakan switch case lebih mudah karena  tidak serumit memakai if.

Berikut hasil programnya:




3.Program Menentukan Kelulusan.

Program ini akan menghitung apakah seseorang lulus atau tidak sesuai dengan nilai yang user input.

Berikut codingan programnya:



Pada program ini user akan menginnput 3 buah nilai, yang apabila ke 3 nilai tersebut lebih dari 40 atau nilai rata rata nya lebih dari 60 maka program akan mengoutput bahwa anda lulus.Tetapi apabila ada nilai yang kurang dari 40 atau nilai rata ratanya kurang dari 60 maka program akan mengoutput bahwa anda tidak lulus.

Berikut hasil programnya:



Mungkin sekian postingan dari saya kali ini,semoga bermanfaat bagi kita semua.Apabila ada  saran atau komentar bisa diisi dikolom komentar.dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laravel : Create Data, Validation, dan Old Input

Belajar PHP (Nested Looping) -Praktikum 24