Belajar JavaScript Dasar(Struktur Kontrol Perulangan dan Fungsi ) -Praktikum 15

Assalamualaikum WR.WB


Hai kembali lagi ke blog saya,Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Struktur Kontrol Perulangan di JavaScript. Tapi sebelumnya apa itu perulangan dalam bahasa pemograman?.
Perulangan merupakan struktur yang memungkinkan untuk menjalankan kode program yang sama beberapa kali dengan menggunakan suatu kondisi tertentu. Perulangan dalam javascript memiliki tiga bentuk, perulangan :
  1. for
  2. while
  3. do while 
Dari ketiga bentuk perulangan diatas hanya for yang memerlukan pernyataan inisialisasi dan peubah. Inisialisasi disini digunakan sebagai bagian penentuan variabel yang akan digunakan untuk mengendalikan jumlah perulangan yang akan dilakukan.
Perubah adalah operasi aritmatika yang dapat dilakukan untuk mengubah nilai variabel penentu tersebut. Sedangkan kondisi disini digunakan untuk menentukan kapan suatu blok perulangan dijalankan berdasarkan nilai dari variabel penentu tersebut.

Selain perulangan,kita juga akan membahas tentang fungsi,tapi apa yang disebut dengan fungsi?
Fungsi dalam pemrograman merupakan suatu mekanisme yang digunakan untuk mengelompokkan program dalam menyelesaikan suatu kasus, proses atau rumus aritmatika tertentu. Fungsi dalam proses pemanggilannya (eksekusi) ada yang membutuhkan data tertentu agar dapat berjalan.
Data tertentu yang perlu diberikan saat pemanggilan fungsi ini dikenal dengan nama parameter. Setiap fungsi dapat tidak memiliki atau memiliki lebih dari satu parameter.


Nah,setelah penjelasan tadi.kita langsung ke contoh codingan nya:

Pengulangan For 1




Bentuk umum perulangan for:



Hasil codingan diatas sebagai berikut:



Perulangan For 2



Baris for (x = 1; x <= 5; x++), berarti: lakukan perulangan for, dimulai dari x = 1, lalukan perulangan selama x<=5, dan naikkan nilai x sebanyak 1 angka pada tiap perulangan (x=x+1).Hasil codingan diatas sebagai berikut:




Perulangan While

Pengulangan While biasanya digunakan untuk melakukan pengulangan suatu variabel berdasarkan suatu kondisi, dengan pemeriksaan kondisi yang dilakukan di awal pengulangan.
    Pengulangan akan dilakukan selama hasil pemeriksaan kondisi adalah benar. Jika hasil kondisi salah, maka perintah yang akan diulang tidak akan dikerjakan dan langsung mengerjakan perintah yang selanjutnya.

Contoh codingan:






Bentuk umum while:



Hasil codingan diatas sebagai berikut:




Pengulangan Do While

Struktur perulangan DO WHILE sebenarnya adalah bentuk lain dari perulangan WHILE. Perbedaan keduanya terletak pada posisi pengecekan kondisi. Apabila dalam perulangan WHILE kondisi di cek pada awal perulangan, pada perulangan DO WHILE, kondisi perulangan di cek pada akhir perulangan.

Contoh codingan:





Hasil codingan diatas sebagai berikut:



Perulangan campuran

Contoh codingan:



Hasil codingan diatas sebagai berikut:




Fungsi

Fungsi adalah sub-program yang bisa digunakan kembali baik di dalam program itu sendiri, maupun di program yang lain.Fungsi di dalam Javascript adalah sebuah objek. Karena memiliki properti dan juga method.

 Contoh pertama:




Bentuk umum fungsi:





Contoh kedua:




Hasil codingan diatas sebagai berikut:


Contoh ketiga:




Hasil codingan diatas sebagai berikut:




Contoh keempat:




Hasil codingan diatas sebagai berikut:



Mungkin sekian postingan saya kali ini,semoga bermanffat bagi kita semua.Bila ada saran atau komentar silahkan isi di kolom komentar.sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Wassalamualaikum WR.WB








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laravel : Create Data, Validation, dan Old Input

Belajar PHP (Nested Looping) -Praktikum 24

Program Menentukan Hari Menggunakan If Dan Switch Case dan