Belajar HTML 5 Dasar (Tag Formating Text) -Praktikum 3

Assalamualaikum WR.WB


Apa kabar semuanya?Saya udah lama nih ga ngepost blog nih.pada post kali ini saya akan memposting cara mengoding di HTML untuk menuntaskan tugas Pemograman Web dan Perangkat Bergerak.Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan saya akan menjelaskan apa itu HTML

Pengertian HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) Jadi HTML adalah markup lengague untuk membuat web
Ya kita masuk saja ke pembahasan codingan HTML


1.  Latihan5 (Tag Format Text)

     
Coding:



Output:



Pembahasan:

Jadi dalam codingan ini  kita belajar tag format text,Contoh tag format text diantaranya:
-Tag <b></b> digunakan untuk menebalkan text
-Tag <strong></strong> digunakan untuk menebalkan text juga
-Tag <em></em> digunakan untuk memiringkan text
-Tag <i></i> digunakan untuk memiringkan text juga
-Tag <big></big> digunakan untuk membesarkan text
-Tag <sub></sub> digunakan untuk memberikan efek subscript pada text
-Tag <sup></sup> digunakan untuk  memberikan efek superscript pada text

2. Latihan6 (Blockquote)

Coding:

 

Output:

Pembahasan:

<blockquote> element digunakan untuk blok kutipan panjang, sedangkan untuk kutipan pendek yang terletak didalam baris (inline) menggunakan <q> element.
<blockquote> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

 3. Latihan7

Coding:

 

Output:



Pembahasan:

 Masih sama dengan latihan6,codingan ini juga menggunakan tag <blockquote> jadi digunakan untuk blok kutipan panjang,Selain itu saya memakai background color AntiqueWhite dan menggunakan font Algerian.

4. Latihan8

Coding:




Output:



Pembahasan:

Dalam codingan ini saya menggunakan tag <mark></mark> yang berfungsi untuk menggaris tebal teks dan tag <del></del> digunakan untuk menggaris tengahi teks,
Selain itu saya memakai background color FloralWhite dan menggunakan font TrojanPro.



5. Latihan9

Coding:



Output:


 Pembahasan:

Codingan ini selain menggunakan teks tapi juga bisa menggunakan foto.Codingan ini juga seperti membuat metode metode ke dalam sebuah teks.Selain itu,saya mengggunakan warna background putih dan menggunakan teks TrajanPro.


6. Latihan10


Coding:

 

Output:



Pembahasan:

Pada codingan ini saya menggunakan tag <pre></pre> yang berfungsi sebagai penanda list seperti menu pada restoran restoran,dan saya menggunakan warna backgrounf FloralWhite


7. Latihan11

Coding:

 

Output:



Pembahasan:


Sama seperti codingan sebelumnya,codingan ini juga menggunakan tag <pre></pre> yang membuat  teks tersusun rapih,Selain itu juga saya menggunakan warna background Gainsboro.



Nah,mungkin cukup sekian postingan saya kali ini semoga dengan adanya postingan ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita.


Wassalamualaikum WR.WB














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laravel : Create Data, Validation, dan Old Input

Belajar PHP (Nested Looping) -Praktikum 24

Program Menentukan Hari Menggunakan If Dan Switch Case dan