Belajar JavaScript Dasar (Array) -Praktikum 13


Assalamualaikum WR.WB


Hai kembali lagi ke blog saya,sama seperti postingan sebelumnya kali ini saya akan memberi tutorial kodingan tentang bahasa pemograman JavaScript.Tapi bedanya sekarang kita belajar Array menggunakan JavaScript.Tapi sebelumnya apa sih itu Array?

Pengertian Array

Array adalah salah satu variabel yang dapat berisi banyak data yang independent. Data yang disimpan diberikan indeks teretentu atau menggunakan nomer urut mulai dari 0. Indeks ini nantinya dapat digunakan untuk mengakses array tersebut.

Jenis-jenis Array

1) Array Monodimensi

Array hanya berisikan nilai-nilai tunggal disebut sebagai array Monodimensi.



Indeks ini akan diberikan secara otomatis oleh interpreter JS, dimulai dari elemen / data pertama dengan indeks 0. Dalam suatu array dengan n elemen, maka elemen ke-n akan mempunyai indeks n-1.

2) Array Multidimensi

Jika elemen suatu array berisikan array lainnya, maka array tersebut termasuk array Multidimensi.


3) Array Asosiatif

Indeks dalam array selain ditentukan secara otomatis oleh sistem dan selalu dimulai dari 0, juga dapat dimodifikasi dengan menggunakan kata (String) atau nilai tertentu. Tabel dengan indeks termodifikasi ini kita kenal dengan nama array Asosiatif.


Seperti biasa, ini merupakan beberapa contoh penggunaan Array pada Javascript, Penjelasan lengkap nya ada di gambar yang telah Mimin Berikan dibawah ini :

1.BuatArray

Codingan:



Style CSS:

 

Pembahasan:

Program diatas bertujuan untuk mengulang nama nama di dalam var siswaXTKJ1 secara berulang ulang.untuk mengulanginya saya menggunakan pengkondisian If Else.Berikut output codingan diatas:





 Nah.disini saya menggunakan style agar 'si' button (Klik Untuk Nama Selanjunya) beubah warna apabila telah diklik user,yang asalnya warna putih menjadi hitam.Contohnya seperti ini:


2.BuatArray2

Codingan:



Style CSS:


Pembahasan:

Masih sama seperti program diatas,Program diatas bertujuan untuk mengulang nama nama di dalam var siswa secara berulang ulang.untuk mengulanginya saya menggunakan pengkondisian If Else.Berikut output codingan diatas:




Masih sama seperti program diatas,disini saya menggunakan style agar 'si' button (Klik Untuk Nama Selanjunya) beubah warna apabila telah diklik user,yang asalnya warna putih menjadi hitam.Contohnya seperti ini:





 3.Array is Objek

Codingan:


Style CSS:



Output Program Diatas:

4.Akses Data on Array



Style CSS:



Hasil Output Diatas:






















Nah,mungkin sekian postingan kali ini sampai jumpa di postingan postingan selanjutnya.Terimakasih banyak,apabila ada kritik atau saran silahkan isi di kolom komentar.

Wassalamualaikum WR.WB



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laravel : Create Data, Validation, dan Old Input

Belajar PHP (Nested Looping) -Praktikum 24

Program Menentukan Hari Menggunakan If Dan Switch Case dan