Program Untuk Menukar Bilangan Part1 Dan Part2,Menghitung Waktu Cakap, Menentukan Bilangan Positif / Negatif Menggunakan Looping

Assalamualaikum WR WB

       Pada kesempatan kali ini saya akan memposting codingan untuk menentukan bilangan positif negatif,menentukan waktu cakap,dan tukar variabel dengan dan tanpa variabel bantu.
Kita langsung ke materi!


1. Program menukar bilangan part

     Program ini akan menukar menukar isi bilangan dari suatu variabel ke variabel lain dengan bantuan tiga variabel yaitu dengan variabel x,y dan z.Berikut codingan programnya:


Logika dari program tersebut adalah misal jika user menginput nilai ke- 1 yaitu 5 dan nilai ke- 2 yaitu 8. Maka program harus menukarkan kedua nilai tersebut dengan bantuan variabel sehingga nilai ke- 1 menjadi 5dan nilai ke- 2 menjadi 8.



Berikut hasil codinganya:



2. Program menukar bilangan part 2
  
   Program ini hampir sama dengan program yang sebelumnya,tapi program kali ini mempunyai sedikit perbedaan yaitu tidak memakai variabel bantu.
Berikut codingan programnya:




Kita bisa menggunakan rumus :
  x= x + y
  y= x - y
  x = x - y
Misalkan : kita punya variabel a dengan isi 8, dan variabel b dengan isi 6, maka akan terjadi:
  x= 8 + 6 = 14, x berubah menjadi 14 karena hasil penjumlahan berikut,
  y= 14 - 6 = 8, y berubah menjadi 8 karena hasil x baru dikurangi dengan nilai y,
  x= 14 - 8 = 6, x berubah menjadi 6 karena hasil pengurangan dengan y baru,
maka nilai x menjadi 6, dan nilai y menjadi 8

Berikut hasil codingan programnya:





3. Program menghitung waktu bicara
  
  Di program ini akan  menghitung berapa lama seseorang menelpon, jadi seseorang tersebut menelpon dengan satuan detik,tugas kita adalah mengkonversikan nya ke satuan jam, menit dan detik
 Berikut codingan programnya:





 Di codingan tersebut terdapat variabel sj yang akan menampung berapa jumlah jam yang terjadi pada percakapan telpon, lalu variabel sj akan menghitung berapa sisa hasil bagi dari variabel wt, lalu diteruskan oleh variabel m yang akan menghitung berapa lama menitnya, nah sisanya dihitung oleh variabel terakhir yaitu wt yang akan menghitung berapa sisa waktu dari variabel sj.

Berikut hasil codinganya:




4. Program menentukan bilangan positif dan negatif
    
      Codingan ini digunakan untuk menentukan bilangan positif dan negatif,jadi bila nanti user menginput bilangan > 0 maka bilangan itu positif, bilangan < 0 maka bilangan itu negatif.

Berikut codingan nya:



 



Jadi, Kita menggunakan statement if dan else,apabila kondisi terpenuhi maka program akan menjalankan proses yang ada dalam if, dan apabila tidak terpenuhi maka program akan langsung mengerjakan proses yang ada pada proses else. Ketika user menginput angka lebih dari 0, maka program akan menyatakan bahwa itu adalah bilangan positif, apabila user menginput angka kurang dari 0, maka program akan menyatakan bahwa itu adalah bilangan negatif, dan apabila user menginput angka 0, maka program akan menyatakan bahwa itu adalah bilangan nol



 Berikut hasil codinganya:

















 Oke segitu aja postingan dari saya kali ini.mohon maaf bila ada kesalahan.semoga bisa bermanfaat untuk anda.apabila ada coment / masukan bisa diisi di kolom komentar.Sampai jumpa dalam postingan selanjutnya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laravel : Create Data, Validation, dan Old Input

Belajar PHP (Nested Looping) -Praktikum 24

Program Menentukan Hari Menggunakan If Dan Switch Case dan